Lampiran 4A
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
SIMULASI DIGITAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan
Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran simulasi digital sebagai
amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat,
teliti dan tanggungjawab
sebagai
hasil dari pembelajaran simulasi digital
2.2
Menghayati pentingnya
kerjasama sebagai hasil pembelajaran simulasi digital
2.3
Menghayati pentingnya
bersikap jujur,
disiplin serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran
simulasi digital
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
|
Lampiran 4B
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN (MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran hukum maritim, peraturan perikanan/CCRFdan pencegahan
polusi lingkungan laut sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran memahami hukum
maritim, peraturan perikanan/CCRFdan pencegahan
polusi lingkungan laut
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran hukum maritim, peraturan perikanan/CCRFdan pencegahan
polusi lingkungan laut
2.3
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran hukum
maritim, peraturan perikanan/CCRFdan pencegahan
polusi lingkungan laut
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menerapkan hukum maritim
3.2
Menerapkan peraturan perikanan
3.3
Menerapkan tatalaksana perikanan yang bertanggungjawab (CCRF)
3.4
Menerapkan pencegahan polusi lingkungan laut
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Melaksanakan hukum maritim
4.2
Melaksanakan peraturan perikanan
4.3
Melaksanakan tatalaksana perikanan yang
bertanggungjawab (CCRF)
4.4
Melaksanakan pencegahan polusi lingkungan laut
|
Lampiran 4C
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
BANGUNAN
DAN STABILITAS KAPAL PERIKANAN (BSKP)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran
bangunan dan stabilitas kapal perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan
umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran bangunan dan stabilitas kapal
perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran bangunan dan stabilitas kapal perikanan
2.3
Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek
sebagai hasil dari pembelajaran bangunan dan stabilitas kapal perikanan
2.4
Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggungjawab sebagai hasil dari
pembelajaran bangunan
dan stabilitas kapal perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis prinsip-prinsip dasar bangunan
kapal perikanan
3.2
Menganalisis stabilitas kapal perikanan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Melaksanakan prinsip-prinsip dasar bangunan kapal
perikanan.
4.2
Melaksanakan prinsip-prinsip stabilitas kapal
perikanan
|
Lampiran 4D
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
DASAR-DASAR
TEKNIK PENANGKAPAN IKAN,
PENANGANAN DAN PENYIMPANAN HASIL TANGKAP (DTPIP2HT)
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian : Teknologi Penangkapan Ikan (TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran dasar-dasar teknik penangkapan ikan,
penanganan dan penyimpanan hasil tangkap sebagai amanat untuk
kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar teknik penangkapan ikan,
penanganan dan penyimpanan hasil tangkap
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran dasar-dasar
teknik penangkapan ikan, penanganan dan penyimpanan hasil tangkap
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek
sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar teknik penangkapan ikan, penanganan
dan penyimpanan hasil tangkap
2.4 Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggungjawab sebagai hasil dari
pembelajaran dasar-dasar
teknik penangkapan ikan, penanganan dan penyimpanan hasil tangkap
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menerapkan penangkapan ikan dengan berbagai alat
tangkap
3.2
Menganalisis pengoperasian jaring purse seine, payang dan jaring insang
3.3
Menganalisis pengoperasian alat tangkap ikan
dengan bubu
3.4
Menganalisis pengoperasian jaring trawl/pukat
3.5
Menganalisis pengoperasian alat tangkap pancing
(line)
3.6
Menerapkan penentuan daerah penangkapan ikan
3.7
Menerapkan penanganan dan penyimpanan hasil
tangkap
3.8
Menerapkan penanganan ikan secara higienis
3.9
Menganalisis kualitas hasil tangkapan
3.10
Menganalisis prinsip-prinsip jaminan mutu ikan
hasil tangkapan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Menangkap ikan dengan berbagai alat tangkap
4.2
Mengoperasikan jaring purse seine, payang dan jaring insang
4.3
Mengoperasikan alat tangkap ikan dengan bubu
4.4
Mengoperasikan jaring trawl/ pukat
4.5
Mengoperasikan alat tangkap pancing (line) pole and line
4.6
Membuat laporan (log book) penentuan daerah penangkapan ikan
4.7
Melaksanakan penanganan dan penyimpanan hasil
tangkap
4.8
Melaksanakan penanganan ikan secara higienis
4.9
Membuat perencanaan kualitas hasil tangkapan
4.10
Melaksanakan prinsip-prinsip jaminan mutu ikan
hasil tangkapan
|
Lampiran 4E
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
DASAR-DASAR
KESELAMATAN DI LAUT (DKL)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan danKelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran dasar-dasar keselamatan di laut
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar keselamatan di laut
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran dasar-dasar keselamatan di laut
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran dasar-dasar keselamatan di laut
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar
keselamatan di laut
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2
Menganalisis prosedur darurat dan SAR
3.3
Menganalisis pencegahan dan pemadaman kebakaran
dengan berbagai tipe kebakaran
3.4
Menganalisis prosedur penyelamatan di kapal
3.5
Menganalisis pelayanan medis di atas kapal
3.6
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung
jawab sosial di atas kapal
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1.
Melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.2.
Melaksanakan prosedur darurat dan SAR
4.3.
Melaksanakan pencegahan dan pemadaman kebakaran
dengan berbagai tipe kebakaran
4.4.
Melaksanakan prosedur penyelamatan di kapal
4.5.
Melaksanakan pelayanan medis di atas kapal
4.6.
Melaksanakan hubungan kemanusiaan dan tanggung
jawab sosial di atas kapal
|
Lampiran
4F
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS MARITIM DAN
PERIKANAN (BIMP)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran bahasa
inggris maritim dan perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran bahasa inggris maritim dan
perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran bahasa inggris maritim dan perikanan
2.3
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran bahasa inggris maritim
dan perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menerapkan bahasa inggris maritim
3.2
Menerapkan bahasa inggris maritim di kapal perikanan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Melaksanakan bahasa inggris maritim
4.2
Melaksanakan komunikasi bahasa inggris maritim di kapal perikanan
|
Lampiran 5A
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
PELAYARAN
KAPAL PERIKANAN (PKP)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
Paket Keahlian :
Nautika Kapal Penangkap
Ikan (NKPI)
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran pelayaran kapal perikanan sebagai
amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran pelayaran kapal perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran pelayaran kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari pembelajaran
pelayaran kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran pelayaran kapal
perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkanmasalah
|
3.1
Menganalisis perencanaan pelayaran berdasarkan
langkah-langkah perencanaan pelayaran
3.2
Menerapkan pelayaran kapal di permukaan datar
dengan prinsip pelayaran datar
3.3
Menerapkan
prinsip dasar elektronika pada alat navigasi
3.4
Menerapkan penggunaan berbagai alat navigasi
konvensional dan elektronik sesuai dengan fungsi dan penggunaannya
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
4.1
Membuat perencanaan pelayaran berdasarkan
langkah-langkah perencanaan pelayaran
4.2
Melaksanakan pelayaran kapal di permukaan datar
dengan prinsip pelayaran datar
4.3
Melaksanakan
prinsip dasar elektronika pada alat navigasi
4.4
Mengoperasikan penggunaan berbagai alat navigasi
konvensional dan elektronik sesuai dengan fungsi dan penggunaannya
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran pelayaran
kapal perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran pelayaran kapal perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran pelayaran kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran pelayaran kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran pelayaran kapal
perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menerapkan penggunaan kompas magnet dan kompas
gasing sesuai dengan fungsi bagian-bagian kompas magnit dan kompas gasing
3.2
Menerapkan sistem elektronik untuk penangkapan
ikan sesuai dengan penggunaannya
3.3
Menerapkan olah gerak dan pengendalian kapal
perikanan sesuai dengan SOP
3.4
Menganalisis penggunaan berbagai parameter
meteorologi dan oseanografi sesuai dengan SOP
3.5
Menerapkan prinsip dasar permesinan kapal
perikanan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengoperasikan
penggunaan kompas magnet dan kompas gasing sesuai dengan fungsi bagian-bagian
kompas magnit dan kompas gasing
4.2
Mengoperasikan
sistem elektronik untuk penangkapan ikan sesuai dengan penggunaannya
4.3
Mengolah
gerak dan mengendalikan kapal perikanan sesuai dengan SOP
4.4
Menggunakan
berbagai parameter meteorologi dan oseanografi sesuai dengan SOP
4.5
Melaksanakan
prinsip dasar permesinan kapal perikanan
|
Lampiran 5B
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
KOMUNIKASI
DAN DINAS JAGA/P2TL KAPAL PERIKANAN (KDJKP)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
Paket Keahlian :
Nautika Kapal Penangkap
Ikan (NKPI)
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal
perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal
perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran komunikasi dan dinas
jaga/P2TL kapal perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkanmasalah
|
3.1
Menerapkan
komunikasi dengan kode isyarat visual
3.2
Menerapkan
komunikasi dengan radio telephoni dan radio telegrafi dan kode isyarat bunyi
3.3
Menganalisis
jenis dan fungsi tanda-tanda bahaya sesuai dengan standar IMO
3.4
Menerapkan
isyarat bahaya darurat sesuai dengan standar IMO
3.5
Menerapkan
SAR untuk kapal lain sesuai standar prosedur yang ditentukan
3.6
Menganalisis
sistem peringatan dini mengenai meteorologi, navigasi dan dampak kekeliruan
perlengkapan komunikasi
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Melakukan komunikasi dengan kode isyarat visual
4.2
Melakukan komunikasi dengan radio telephoni dan
radio telegrafi dan kode isyarat bunyi
4.3
Menggunakan jenis dan fungsi tanda-tanda bahaya
sesuai dengan standar IMO
4.4
Menggunakan isyarat bahaya darurat sesuai dengan
standar IMO
4.5
Melakukan SAR
untuk kapal lain sesuai standar prosedur yang ditentukan
4.6
Menggunakan sistem peringatan dini mengenai
meteorologi, navigasi dan dampak kekeliruan perlengkapan komunikasi
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran komunikasi
dan dinas jaga/P2TL kapal perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat
manusia
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL
kapal perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran komunikasi dan dinas jaga/P2TL kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran komunikasi dan dinas
jaga/P2TL kapal perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menerapkan
Peraturan Pencegahan Tubrukan Laut (P2TL)
3.2
Menerapkan
prinsip-prinsippenyelenggaraanjaga navigasi
3.3
Menerapkan
prosedurkelompok kerjaanjungan yang efektif
3.4
Menerapkan
rutepelayaran
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Melaksanakan
Peraturan Pencegahan Tubrukan Laut (P2TL)
4.2
Melaksanakan
prinsip-prinsip penyelenggaraan jaga navigasi
4.3
Melakanakan
prosedur kelompok kerja anjungan yang efektif
4.4
Melaksanakan
rute pelayaran
|
Lampiran 5C
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MANAJEMEN
KAPAL PERIKANAN (MKP)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
Paket Keahlian :
Nautika Kapal Penangkap
Ikan (NKPI)
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran manajemen kapal perikanansebagai
amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran manajemen kapal
perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkanmasalah
|
3.1
Menganalisis
organisasi dan manajemen kapal perikanan
3.2
Menganalisis
perencanaan operasi penangkapan ikan dan docking kapal
3.3
Menganalisis
perhitungan eksploitasi per trip
3.4
Menganalisis
daerah penangkapan dan monitoring daerah penangkapan
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
4.1
Melaksanakan organisasi dan manajemen kapal
perikanan
4.2
Membuat perencanaan operasi penangkapan ikan dan
docking kapal
4.3
Melakukan perhitungan eksploitasi per trip
4.4
Menentukan daerah penangkapan dan monitoring
daerah penangkapan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran manajemen
kapal perikanan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran manajemen kapal perikanan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran manajemen kapal
perikanan
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis
pelaporan daerah dan hasil tangkapan
3.2
Menerapkan
manajemen kapal pengumpul, pengangkut dan pengolah ikan
3.3
Menerapkan
sistem bagi hasil antara awak kapal dan pemilik kapal
3.4
Menganalisis
efisiensi usaha penangkapan ikan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Melakukan pelaporan daerah dan hasil tangkapan
4.2
Melaksanakan manajemen kapal pengumpul,
pengangkut dan pengolah ikan
4.3
Melakukan
sistem bagi hasil antara awak kapal dan pemilik kapal
4.4
Melaksanakan efisiensi usaha penangkapan ikan
|
Lampiran 5D
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
TEKNIK
DAN ALAT PENANGKAP IKAN (TAPI)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(MAK)
Bidang Keahlian :Perikanan dan Kelautan (PK)
Program Keahlian :
Teknologi Penangkapan Ikan
(TPI)
Paket Keahlian :
Nautika Kapal Penangkap
Ikan (NKPI)
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran teknik
dan alat penangkap ikansebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
denganlingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.2
Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil
pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan workshop/bengkel praktek sebagai hasil dari
pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.4
Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin
serta bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran teknik dan alat
penangkap ikan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkanmasalah
|
3.1
Menganalisis bahan alat penangkapan ikan
3.2
Menganalisis metode penangkapan ikan
3.3
Menganalisis rancang bangun alat penangkapan
ikan
3.4
Menerapkan alat bantu penangkapan ikan
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
4.1
Menggunakan bahan alat penangkapan ikan
4.2
Memilih metode penangkapan ikan
4.3
Merancang bangun alat penangkapan ikan
4.4
Menggunakan alat bantu penangkapan ikan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin
sebagai hasil pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.2
Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab
sebagai hasil pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.3
Menghayati sikap peduli dan kerjasama sebagai
hasil pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab
sebagai hasil dari pembelajaran teknik dan alat penangkap ikan
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis dearah penangkapan ikan
3.2
Menganalisis teknik penangkapan ikan
3.3
Menganalisis penangkapan ikan dengan berbagai
macam alat sesuai dengan SOP
3.4
Menganalisis perawatan berbagai macam alat penangkapan ikan sesuai SOP
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Memilih dearah penangkapan ikan
4.2
Melaksanakan teknik penangkapan ikan
4.3
Melaksanakan penangkapan ikan dengan berbagai
macam alat sesuai dengan SOP
4.4
Merawat berbagai macam alat penangkapan ikan
sesuai SOP
|
0 komentar:
Posting Komentar